RESEP CARA BIKIN ES DUNG--DUNG

ES DUNG DUNG TER BARU  yang di bikin saya sendiri  dan diolah  pakai mesin pemutar hanya 20 menit 15liter. Rasanya tidak kalah enak dengan es krim impor, meski dibuat dari bahan yang sederhana tapi es krim ala Indonesia punya rasa dan ciri khas tersendiri. Di Indonesia es krim lebih dikenal dengan sebutan es puter. Anak-anak biasanya menyebutnya dengan ‘es dung-dung’, pasalnya sang penjual umumnya menggunakan ‘identitas’ suara yang dikeluarkan dari gong kecil yang jika dipukul berbunyi ‘dung-dung-dung’.

Penjual es puter biasanya mangkal di sekolah-sekolah atau keliling kampung untuk menjajakan dagangannya dengan gerobak kecil. Sebuah gong dipukul untuk menarik perhatian pembeli. Es krim disajikan dengan roti tawar, cone, maupun dalam gelas plastik. Harganya sangat murah, untuk satu porsi hanya Rp. 2000. Di berbagai perayaan seperti pernikahan, ulang tahun, atau di restoran dan hotel-hotel, es puter juga dijadikan menu penutup tradisional khas Indonesia.


Rasa khas es puter memberikan kenangan tersendiri yang bisa menimbulkan rasa ketagihan untuk menikmatinya kembali. Yang membuat beda dari es krim pada umumnya, es ‘dung-dung’ dibuat bukan dari susu, melainkan santan, sehingga menghasilkan rasa gurih yang dipadu dengan buah seperti nangka, kelapa muda, alpukat atau kacang hijau. Orang Indonesia menyebutnya ‘es puter’ karena disesuaikan dengan cara pembuatannya yang diputar. Potongan es dan santan dijadikan satu dalam wadah, kemudian diputar sehingga mengental dan lembut.
0 Komentar untuk "RESEP CARA BIKIN ES DUNG--DUNG"

Back To Top